yang erat secara langsung dengan ERP
terutama dari sisi penjualan, serta piutang. CRM lebih berfokus kepada upaya
untuk memahami kebutuhan pelanggan agar dapat diberikan layanan secara cepat
dan tepat.
Adapun definsi CRM adalah “ Suatu
solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi meliputi
manajemen para pelanggan dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi dan
bertujuan untuk menjamin terpenuhinya tingkat kebutuhan pelanggan akan barang
dan jasa serta meningkatkan kualitas hubungan antara organisasi dengan
pelanggan”
CRM
(Customer Relationship Management)
Customer
Relationship Management (CRM) adalah merupakan aplikasi terpadu memberikan
dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal hubungan kepada pelanggan
dengan memiliki keterkaitan
Gambar
3. Proses Bisnis CRM (Joko Nurjadi, 2008)
Tujuan dan manfaat penerapan ketiga
aplikasi bisnis tersebut adalah
- Meningkatkan kualitas produk
dan layanan
- Mempercepat dan mengefektifkan
proses bisnis perusahaan
- Meningkatkan pemahaman atas
kebutuhan konsumen sehingga dapat diperoleh gambaran profil konsumen
secara umum agar dapat ditentukan sasaran yang menjadi prioritas dalam
pengembangan infrastruktur jaringan dan jenis layanan yang diberikan
- Meningkatkan efektifitas dan
efisiensi dalam pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan
sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja manajemen secara
menyeluruh.
- Meningkatkan produktifitas dan
kualitas SDM.

0 Komentar